Tuesday, 3 August 2010

Sejarah AMD






Processor AMD adalah pesaing yang paling ketat bagi processor Intel. AMD selalu membuat processor yang lebih cepat daripada Intel. Itulah mengapa AMD lebih cocok digunakan untuk gaming dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat (seperti simulasi 3 dimensi). Namun karena AMD selalu lebih cepat dari Intel, maka processor AMD terkenal kurang stabil dan lebih cepat panas. Dapat dikatakan jika masalah kecepatan, AMD memang lebih unggul. Namun masalah daya tahan dan stabilitas, Intel lebih unggul.Selain itu, Processor AMD selalu  lebih murah daripada  processor Intel, meskipun kecepatan processornya sama.
AMD 386SX









Processor ini dikatakan sebagai tiruan persis dari desain processor Intel 80386. Mulai dari sinilah AMD mulai tampak  sebagai kompetitor  dari Intel.


AMD K5











K5 merupakan processor pertama  yang dibuat untuk menyaingi processor Pentium I milik Intel. Sehingga processor ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti dari processor Intel Pentium I.


AMD K6










K6 diluncurkan hampir bersamaan dengan era Pentium II. AMD K6 dapat dikatakan sebagai kompetitor paling serius pada saat era Pentium II. Ini  karena AMD K6 memiliki kecepatan yang sama dengan Pentium II, namun dengan harga yang lebih murah.


AMD Athlon









Athlon dibuat sebagai pesaing dari Intel Pentium III. Namun Athlon memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari Pentium III dengan harga yang sama (bahkan terkadang lebih murah).  AMD Athlon sempat menjadi processor yang paling laris setelah Intel selama beberapa tahun.  Athlon memiliki kecepatan sampai 1 GHz.


AMD Duron











AMD Duron dibuat sebagai processor alternatif dengan harga yang lebih murah dari processor milik AMD sendiri, yaitu Athlon.  Selain  itu peluncuran AMD Duron bersamaan dengan masa-masa  Intel  Pentium III dan Intel  Celeron. Bahkan AMD Duron berani menjual processor yang lebih cepat dengan harga  yang  lebih murah. Kecepatan yang ada saat itu adalah 800 MHz sampai 1,8 GHz.


AMD Sempron








AMD Sempron dibuat untuk menggantikan AMD Duron dan sebagai pesaing processor Intel Celeron D.  Namun demikian AMD Sempron memiliki bentuk dan karakteristik yang hampir sama persis dengan Pentium IV. Kecepatan processor ini berkisar antara 1 GHz sampai 2,7 GHz.



AMD Opteron











AMD  Opteron adalah processor pertama AMD  yang mendukung AMD64 instruction set (x86-64). Opteron lebih cepat dari Sempron dan  memiliki frekuensi berkisar  antara 1,4 GHz  sampai 3,2 GHz.

AMD Athlon II X2











AMD Athlon X2 Adalah Pengembangan atau penggambungan dari AMD athlon dan AMD Operator yang mendukung AMD64 instruction set (x86-64). memiliki frekuensi berkisar  antara 1.8ghz-3.2ghz

AMD Phenom II











Processor AMD  Phenom II  adalah processor yang memiliki  4 core  dalam satu chip (quad core). Processor ini  memiliki arsitektur 64-bit dan memiliki soket AM2+ serta kecepatan antara 1,8 GHz sampai 3 GHz.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment